Selasa, 03 Januari 2012

Belajar Barisan Aritmetika yuk :)



Nah. Entri pertama dari blog baru saya ini, saya mau isi dengan materi pelajaran matematika disekolah saya.
Hari pertama masuk setelah liburan panjang semester pertama di kelas 3 SMA.
Saya dan teman teman sekelas saya hanya belajar matematika saja. Maklum saja, mungkin guru yang lain masih pengen liburan juga, hehe.
Oke langsung saja, hari itu bersama bu Endang saya belajar tentang Barisan Aritmetika, tapi tentu masih awalnya saja. Kan masih suasana liburan, hehe.
Dari buku sekolah saya sih bisa disimpulkan kalo:

Pengertian Barisan Aritmetika:

1.     Suatu barisan dengan suku ke-n ato yang simbolnya Un



2.     Un nya itu memenuhi syarat:

U2 - U1 = U3 - U2 = Un - Un-1 = Konstan

3.     Gitu katanya, trus nilai konstannya itu disebut beda, dan dilambangin dengan huruf b.

Rumus Nyari suku ke-n alias Un:

Un = a + (n – 1)b

a = suku pertama barisan aritmetika
b = beda barisan aritmetika (nilai konstan tadi)

Nah, yang diajarin baru ini temen temen, hehe. Ntar kalo udah diajarin yang laen aku entri lagi. Oh iya, ini baru materinya aja, ntar aku tambahin entri contoh soal ma pembahasannya ya, aku mau kerjain dulu nih, hehe. Wait a minute! :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar