Senin, 06 Februari 2012

Sejarah Make Up


Saya baru saja membaca ulang buku How To Be a True Moslem Girl karya Deasylawati P, dan terlintas di pikiran saya keinginan untuk berbagi sekilas isi buku ini kepada kalian.
Untuk bagian pertama saya ini membagikan isi buku ini tentang sejarah make up. Check it out.
Kosmetik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah obat atau bahan untuk mempercantik wajah, kulit, rambut, dan sebagainya. Biasanya kosmetik dikelompokkan menjadi beberapa bagian, misalnya untuk perawatan kulit, kosmetik untuk rambut, kosmetik untuk kuku dan kosmetik untuk mulut.
Sabun


Zaman dahulu, orang belum mengenal sabun. Mereka membersihkan tubuhnya dengan menggunakan pisau. Pisau? Ekstrim bukan? Mereka mengerik tubuhnya dengan pisau agar tubuh mereka bersih.

Pada abad pertama masehi sabun mulai dikenal oleh orang Perancis. Mereka membuatnya dari gajih binatang dan abu kayu. Namun sabun ini tidak digunakan untuk mandi, tapi untuk mengilatkan rambut. Sabun mulai digemari orang untuk mandi jauh setelah itu, yaitu di abad ke-10 sampai sekarang.
Peeling
Sejak jaman dulu orang sudah mengenal peeling. Tentu saja tujuannya juga sama dengan kita di masa sekarang, yaitu untuk menunda proses penuaan dengan mengangkat lapisan tanduk paling atas dan merangsang sel-sel kulit di bawahnya untuk tumbuh.
Jaman dulu, orang Tiongkok menggunakan rempah-rempah dan dicampur tonik untuk peeling. Sdangka Cleopatra menggunakan susu untuk mandi, demi menjaga kemulusan kulitnya. Selain itu, dia juga mencuci mukanya dengan anggur.
Lipstick

Lipstick ditemukan pada tahun 20-an. Sebelum ditemukan lipstick, orang memerahkan bibirnya dengan sejenis ramuan rempah dicampur dengan madu.
Parfum

Wewangian dibedakan menjadi dua yaitu parfum dan cologne. Cologne merupakan parfum yang dicairkan dan ditambahkan alcohol. Parfum mempunyai kelebihan, yaitu wanginya lebih tahan lama da biasanya dibuat dari bahan alami. Aroma dapat menciptakan mood tersendiri yang mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang.
Eye Shadow dan Mascara
Eye Shadow adalah kosmetik yang digunakan untuk mewarnai kelopak mata agar terlihat lebih menarik. Eye shadow tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu krim, pensil, cair, dan bedak padat. Eye shadow tersedia dalam warna yang beraneka ragam.
Mascara adalah kosmetik yang dioleskan pada bulu mata agar terlihat lebih lentik, tebal dan panjang. Mascara biasanya berwarna hitam, coklat, biru atau bening.
Cukup dulu tentang sejarah kosmetik, tidak semua kosmetik yang saya sebutkan diatas baik digunakan oleh seorang muslimah.

1 komentar: