Senin, 06 Februari 2012

Make Up yang Harus Dihindari karena Mengganti Ciptaan Allah


Sudah banyak yang tau bahwa hal-hal yang bersifat mengganti ciptaan Allah itu dilarang bukan? Maksudnya dilarang yaitu jelas-jelas kita haram melakukannya. Jadi jangan sampai kita memakai make up yang sifatnya merubah bentuk. Yang saya tau yang merubah bentuk ini seperti yang di bawah ini:
·        Cemara

Kalau ada yang nggak tau cemara, kata lainnya yaitu wig atau rambut palsu. Maksudnya yaitu untuk mempertebal rambut dengan menambahinya dengan rambut lain.
Memakai cemara dilarang oleh Allah SWT, seperti yang dijelaskan pada Hadist berikut:
Pernah seorang perempuan datang kepada Nabi saw. lalu bertanya:
“Ya Rasulullah, sesungguhnya saya mempunyai seorang anak gadis yang mau jadi pengantin. Ia terkena penyakit campak sampai rambutnya rontok. Bolehkah saya menyambungnya dengan cemara?” Namun jawab Nabi saw., “Allah mengutuk perempuan yang memasang cemara dan minta dipasang cemara.” (HR. Bukhari-Muslim, dan an-Nasai).
Nabi saw. melarang wanita menyambung kepalanya dengan apapun juga.” (HR. Muslim)
Dari dua hadist di atas jelas bahwa penggunaan rambut palsu yang merebak sekarang dilarang oleh Allah SWT. Selain menggunakan rambut palsu, menyambung rambut juga dilarang oleh Allah SWT. Lagipula, bagi perempuan Islam yang sudah baliq diwajibkan untuk menggunakan jilbab, jadi lebih baik berjilbab saja bukan? ;)
·        Mengganti Alis
Mengganti alis, menghilangkan bulu alis ataupun mengeriknya untuk membentuk alis dan juga menipiskan alis itu perbuatan yang haram dilakukan.
Nabi saw. bersabda, “Allah mengutuk perempuan-perempuan pentato dan mereka yang minta ditato, perempuan-perempuan yang mencukur alis dan mereka yang minta dicukur alisnya, perempuan-perempuan yang mengikir giginya agar lebih indah dan mereka yang merubah ciptaan Allah.” (HR. Imam yang tujuh)
·        Tatto

Mentato adalah mencacah bagian badan dengan menusukkan jarum padanya hingga keluar darah, lalu dibubuhi celak atau bahan lainnya hingga tampak kehijau-hijauan (atau juga warna-warna lainnya). Mentato itu adalah perbuatan haram seperti yang dijelaskan pada hadist sebelumnya.
·        Mengikir Gigi
Mengikir gigi dengan tujuan semata untuk keindahan itu dilarang oleh Allah SWT karena termasuk merubah bentuk. Tetapi jika untuk memperbaiki aib atau mengatur gigi yang tidak teratur karena masalah kesehatan atau sudah mengganggu itu diperbolehkan. Jadi untuk yang giginya sudah rapi tapi masih ingin dikikir juga, tolong dirusak dulu yaa :p bercandaa ;)
·        Merubah Ciptaan Allah
Semua bentuk pengurangan ataupun penambahan pada tubuh manusia itu jika alasannya tidak ada yang benar-benar dimaklumi secara syar’I maka diharamkan, contohnya saja operasi plastic dan sedot lemak yang alasannya hanya semata untuk keindahan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar